Review Filosofi Stoicism untuk Kesehatan Mental yang Stabil Bersama SehatQ.com

Bahagia itu berasal dari diri kita yang menentukan, sesuai dengan filosofi stoicism yang sangat simple. Memang menjalani hidup secara stoic tidak semudah kita menentukan pilihan dengan melihat review yang telah dibuat orang lain. 

Memahami Filosofi Stoicism dan Kesehatan Mental
Saat berada di situasi yang menurut kita tidak menyenangkan dan terpuruk, sebagian orang pasti akan menangisi dan menyalahkan takdir yang terjadi pada dirinya. Bagi orang yang percaya akan takdir yang telah ditetapkan oleh Tuhan atas diri kita. Stoicism adalah tentang cara kita menjalani hidup dan menerima takdir apapun yang terjadi dengan menemukan kebahagiaan dari dalam diri kita sendiri.

Seseorang yang selalu yakin akan ketetapan Tuhan,  akan percaya akan adanya  skenario terindah yang sedang dipersiapkan Tuhan.  Pasti orang tersebut berkeyakinan bahwa Tuhan mempersiapkan hal yang jauh lebih baik untuknya. 

Ini bukan berarti kita pasrah tanpa adanya usaha. Mengusahakan hal yang terbaik merupakan kewajiban kita, namun yang kita perlu ingat adalah ada hal yang berada di luar jangkauan atau kendali kita sebagai manusia.

Stoicism adalah tentang kendali pada diri kita. Memang praktiknya tidak akan mudah. Namun, dengan mengenali dan mengontrol diri kita, maka kita akan dapat mencapai kebahagiaan kita. Perasaan tidak bahagia sebagai perwujudan dari perasaan negatif  yang berupa emosi destruktif yang berawal dari penolakan atau denial terhadap takdir atau kehendak alam.

Saat kita menemui hal yang buruk menurut interpretasi kita, maka akan muncul perasaan marah, kecewa hingga sedih. Bahkan seringkali diiringi dengan tindakan yang bersifat impulsif. Tindakan ini akan dapat mempengaruhi kesehatan mental kita.

Stoicism menurut Epictetus, seorang tokoh filsuf Yunani Kuno yang menyebutkan bahwa apapun yang terjadi dalam kehidupan seseorang adalah netral. Tidak ada hal yang bersifat positif dan negatif, karena yang menjadikannya baik atau tidak adalah interpretasi kita sendiri.

Pentingnya Penilaian dalam Diri Terhadap Suatu Masalah
Tindakan yang kita lakukan merupakan hasil dari cara pandang kita menilai sesuatu. Hal-hal di luar kendali kita yang bersifat eksternal sebaiknya kita hiraukan. Hal-hal eksternal tidak perlu kita risaukan karena bagaimana juga hal-hal tersebut berada diluar jangkauan kita. Hal terpenting yang perlu kita fokuskan adalah memberikan usaha terbaik untuk hal yang berada dalam kendali kita.

Apabila kita merasa sudah berusaha maksimal dan takdir berkata lain, seharusnya kita menerima. Tidak perlu bagi kita untuk meratapinya karena memang sudah berjalan sesuai dengan kehendak alam. Itulah cara terbaik yang dapat kita lakukan agar terhindar dari stres dan depresi. 

Stres dan depresi adalah perwujudan dari emosi yang bersifat negatif, dan merupakan indikasi terganggunya kesehatan mental seseorang. Dimana hal tersebut tidak akan terjadi jika kita menyadari dan mengenali sejak awal hal-hal yang berada dalam kendali kita dan yang bukan dalam kendali kita.

Jika diibaratkan dengan ujian, hal yang berada dalam kendali kita seperti belajar atau menjaga kesehatan. Sedangkan hal yang berada diluar kendali kita seperti peraturan yang ditetapkan, cuaca, tingkat kesulitan pertanyaan. Kemampuan kita dalam mengidentifikasi hal-hal eksternal sejak awal akan meminimalisir rasa kekecewaan kita dan bentuk emosi destruktif lainnya saat terjadi kegagalan.  

Jika Anda merasa ingin berkonsultasi tentang masalah kesehatan langsung dengan dokter ahli, Anda dapat  melakukannya melalui aplikasi chat di SehatQ.com. Di situ Anda dapat memperoleh Info kesehatan dan juga Toko SehatQ yang menyediakan berbagai macam kebutuhan kesehatan hingga informasi ketersediaan rumah sakit. 

Kunci dari bahagia dan menjaga kesehatan mental kita adalah bagaimana cara kita menginterpretasi sesuatu. Filosofi Stoicism menganjurkan kita agar dapat mengontrol segala bentuk emosi yang bersifat negatif dengan berfikir agar tetap bertindak rasional. Menjalani hidup dengan damai dan simple, sesimple sebuah review tentang sebuah peristiwa, pasti ada positif dan negatifnya. Itu semua tetap baik selama kita menyeimbangkannya demi menjaga kesehatan mental.  

Review Filosofi Stoicism untuk Kesehatan Mental yang Stabil Bersama SehatQ.com Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin